Mata Pelajaran : UKUR TANAH DAN RAB
Kelas : 10 TKBB
Hari/Tanggal :
Jam :
Prog. Keahlian/Paket Keahlian : Teknik Bangunan/TKBB
PETUNJUK UMUM
1.
Tulislah terlebih dahulu Mata Pelajaran, Nama, Nomor Ujian, Ruang, Kelas, Tanggal, Salin kalimat dan Tanda tangan peserta
di lembar jawaban yang tersedia.
2.
Periksa dan bacalah semua soal dan bacalah semua soal
pelajaran ini dengan teliti sebelum anda menjawab.
3.
Laporkan kepada Pengawas jika terdapat tulisan
yang kurang/salah cetak, rusak atau jumlahSoal kurang.
4.
Jawablah terlebih dahulu soal-soal yang anda anggap
mudah.
5.
Kerjakan soal ini dilembar jawaban yang tersedia dengan
bollpoint berwarna hitam.
6.
Periksa kembali, hasil pekerjaan saudara sebelum
diserahkan pada pengawas ruang.
7.
Tidak
diizinkan menggunakan HP, Tabel matematika.
8.
Diizinkan menggunakan kalkulator
9.
Bentuk soal :
Pilihan Ganda Biasa (PGB) : 20 Soal
Essay : 4 Soal
PETUNJUK KHUSUS :
1.
Pilihlah
satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B,
C, D, atau E, pada lembar jawab.
2.
Jawablah
dengan singkat dan benar untuk soal Essay.
3.
Pembetulan
jawaban soal pilihan ganda biasa (PGB) yang salah hanya diperbolehkan satu kali
saja dan dilarang menggunakan Tip-Ex atau sejeninsnya.
SELAMAT MENGERJAKAN
Kerjakan dengan jujur,
karena kejujuran adalah cermin kepribadian
I.
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat, dengan
tanda silang ( X ) pada huruf
A, B,
C, D atau E pada lembar jawaban yang tersedia!
1.
Orang
pertama yang menyatakan bahwa bumi itu bulat adalah …
A.
Phytagoras
B.
Archimedes
C.
Aristoteles
D.
Erastostenes
E.
Plato
2.
Apa
yang dimaksud dengan garis meridian/bujur?
A.
Garis
meridian/bujur adalah lingkaran yang menghubungkan arah barat dengan arah timur.
B.
Garis
meridian/bujur adalah lingkaran yang menghubungkan kutub utara dengan kutub
selatan.
C.
Garis
meridian/bujur adalah garis yang menghubungkan kutub utara dengan garis
katulistiwa
D.
Garis
meridian/bujur adalah garis yang menghubungkan kutub selatan dengan garis
katulistiwa.
E.
Garis
meridian/bujur adalah lingkaran yang menghubungkan garis katulistiwa dengan
garis lintang.
3.
Berapa
panjang meter standart internasional?
A.
Sepersepuluh
juta dari panjang garis lintang utara bumi dan merupakan jarak antara dua garis
pada kedua ujung dari meter standar.
B.
Sepersepuluh
juta dari panjang garis lintang selatan bumi dan merupakan jarak antara dua
garis pada kedua ujung dari meter standar.
C.
Sepersepuluh
juta dari panjang meridian bumi dan merupakan jarak antara dua garis pada kedua
ujung dari meter standar.
D.
Seperlimapuluh
juta dari panjang meridian bumi dan merupakan jarak antara dua garis pada kedua
ujung dari meter standar.
E.
Seperlimapuluh
juta dari panjang garis lintang bumi dan merupakan jarak antara dua garis pada
kedua ujung dari meter standar.
4.
Apakah yang dimaksud Universal Time (UT)
atau Greenwitch Mean Time (GMT)?
A.
UT atau GMT yaitu waktu matahari
menengah yang berpatokan pada meridian 0° yang melalui garis katulistiwa.
B.
UT atau GMT yaitu waktu matahari
menengah yang berpatokan pada meridian 0° yang melalui kutub utara.
C.
UT atau GMT yaitu waktu matahari
menengah yang berpatokan pada meridian 0° yang melalui kutub selatan.
D.
UT atau GMT yaitu waktu matahari
menengah yang berpatokan pada meridian 0° yang melalui Greenwitch (diselatan
kota London).
E.
UT atau GMT yaitu waktu matahari
menengah yang berpatokan pada lintang 0° yang melalui Greenwitch (diselatan
kota London).
5.
Berikut
ini adalah cara-cara untuk menyatakan besaran sudut!
A.
Sexagesimal,
sentisimal, derajat.
B.
Sexagesimal,
sentisimal, grade.
C.
Sexagesimal,
derajat, grade.
D.
Desimal,
sentisimal, radial
E.
Sexagesimal,
sentisimal, radial
6.
Apa yang dimaksud dengan peta?
A.
Peta adalah sajian secara grafis
(gambar) dari data2 yang diketahui tentang bumi yang dilukiskan di atas bidang
datar (kertas) dengan skala tertentu.
B.
Peta adalah sajian secara grafis
(gambar) dari data2 yang diketahui tentang bumi yang dilukiskan di atas bidang
datar (kertas) dengan skala lebih dari 1 : 100.000.
C.
Peta adalah sajian secara grafis
(gambar) dari data2 yang diketahui tentang bumi yang dilukiskan di atas bidang
datar (kertas).
D.
Peta adalah sajian secara grafis
(gambar) dari legenda yang diketahui tentang bumi yang dilukiskan di atas
bidang datar (kertas) dengan skala tertentu.
E.
Peta adalah sajian secara grafis
(gambar) dari simbol yang diketahui tentang bumi yang dilukiskan di atas bidang
datar (kertas) dengan skala tertentu.
7.
Apa yang dimaksud dengan skala peta ?
A.
Skala adalah perbandingan antara suatu
jarak di atas peta dengan suatu jarak
yang sama di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam garis.
B.
Skala adalah perbandingan antara suatu
jarak di atas peta dengan suatu jarak
yang sama di atas permukaan bumi.
C.
Skala adalah perbandingan antara suatu
jarak di atas peta dengan suatu jarak
yang sama di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam meter.
D.
Skala adalah penjumlahan antara suatu
jarak di atas peta dengan suatu jarak
yang sama di atas permukaan bumi.
E.
Skala adalah pengurangan antara suatu
jarak di atas peta dengan suatu jarak
yang sama di atas permukaan bumi.
8.
Pembagian
peta menurut skalanya adalah ….
A.
peta
teknis, peta non teknisi.
B.
peta
geografi, dan peta non geografi.
C.
peta
teknis, peta topogafi, dan peta geografi.
D.
peta
topografi, dan peta non topografi.
E.
peta
teknis, peta topogafi, dan peta geografi serta hidrografi.
9.
Simbol
atau tanda gambar sebagai legenda pada peta dibagi menjadi ….
A.
unsur
kebudayaan, unsur perairan, unsur ketinggian.
B.
unsur
kebudayaan, unsur perairan, unsur tumbuh-tumbuhan.
C.
unsur,
unsur perairan, unsur ketinggian, unsur tumbuh-tumbuhan.
D.
unsur
kebudayaan, unsur perairan, unsur ketinggian, unsur tumbuh-tumbuhan.
E.
unsur
kebudayaan, unsur perairan, unsur ketinggian, unsur tumbuh-tumbuhan dan unsur
sosial.
10.
Simbol
warna dalam legenda peta yang SALAH
dalam pernyataan dibawah ini :
A.
unsur kebudayaan, warna hitam dan merah.
B.
unsur perairan, warna biru.
C.
unsur ketinggian, warna coklat.
D.
unsur tumbuh-tumbuhan, warna hijau.
E.
unsur sosial, warna kuning .
11.
Apa yang
dimaksud dengan rencana anggaran biaya?
A.
Perhitungan
banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain
yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan.
B.
Perhitungan
banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain
yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan dan perawatan bangunan.
C.
Perhitungan
banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain
yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan dan penjualan bangunan.
D.
Perhitungan
banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain
yang berhubungan dengan perencanaan bangunan.
E.
Perhitungan
banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain
yang berhubungan dengan pengawasan bangunan.
12.
Dalam penyusunan RAB ada dua macam cara yang dapat
dilakukan yaitu ….
A.
cara taksiran berdasarkan harga satuan tiap meter
persegi luasan dan cara teliti berdasarkan analisa harga satuan upah pekerjaan.
B.
cara taksiran berdasarkan harga satuan tiap meter
persegi luasan dan cara teliti berdasarkan analisa harga satuan pekerjaan.
C.
cara taksiran berdasarkan harga satuan tiap meter
persegi luasan dan cara teliti berdasarkan analisa harga satuan bahan
pekerjaan.
D.
cara taksiran berdasarkan harga satuan tiap meter kubik
isi dan cara teliti berdasarkan analisa harga satuan pekerjaan.
E.
cara taksiran berdasarkan harga satuan tiap meter panjang
dan cara teliti berdasarkan analisa harga satuan pekerjaan.
13.
Tujuan
penyusunan RAB ialah ….
A.
Untuk menghitung
harga bagian/item pekerjaan sebagai pedoman untuk mengeluarkan biaya-biaya
dalam masa perencanaan.
B.
Untuk
mengetahui harga bagian/item pekerjaan sebagai pedoman untuk mengeluarkan
biaya-biaya dalam masa perawatan.
C.
Untuk
mengetahui harga bagian/item pekerjaan agar bangunan yang akan didirikan dapat
dilaksanakan secara efektif dan efisien.
D.
Untuk
mengetahui harga bagian/item pekerjaan agar bangunan yang akan didirikan dapat
dirawat secara efektif dan efisien.
E.
Untuk
mengetahui harga dan keuntungan pekerjaan bangunan supaya bangunan yang akan
didirikan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
14.
Fungsi
penyusunan RAB ialah….
A.
Sebagai
pedoman perencanaan pekerjaan dan sebagai alat pengontrol pelaksanaan pekerjaan.
B.
Sebagai
pedoman pelaksanaan pekerjaan dan sebagai alat pengontrol perencanaan pekerjaan.
C.
Sebagai
pedoman perencanaan pekerjaan dan sebagai alat untuk mendapat keuntungan dalam pelaksanaan
pekerjaan.
D.
Sebagai
pedoman pelaksanaan pekerjaan dan sebagai alat pengontrol pelaksanaan pekerjaan.
E.
Sebagai
pedoman pelaksanaan pekerjaan dan sebagai alat untuk mendapat keuntungan dalam pelaksanaan
pekerjaan.
15. Pihak yang
terlibat dalam pelaksanaan bangunan meliputi…
A.
Perencana, pemborong, pelaksana
B.
Perencana, pemborong, pengawas
C.
Perencana, pemborong, pelaksana, pengawas, mandor,
tukang, tenaga
D. Prinsipal, perencana, pemborong,
pelaksana, mandor, tukang, tenaga
E.
Prinsipal,
perencana, pemborong, pelaksana, pengawas.
16. Pernyataan yang salah ialah….
A.
Pengawas bangunan adalah mandor tukang dan tenaga
bangunan.
B.
Prinsipal adalah pemberi tugas
C.
Perencana adalah desainer
D.
Pelaksana adalah penanggung jawab pelaksanaan fisik
bangunan
E.
Direksi adalah pengawas bangunan
17. Dari analisa
pekerjaan (SNI) kebutuhan Batu bata untuk 1 M2 Pekerjaan Pasangan
batu bata dibutuhkan 70 Buah. Dalam
suatu kegiatan akan dipasang tembok dari batu bata dengan ukuran panjang 50 m
dan lebar 4 m. Berapakah kebutuhan batu bata tersebut….
A.
13500
Buah.
B. 14000
Buah
C. 14500
Buah
D. 15000
Buah
E.
15500
Buah
18. Harga taksiran
per m2 bangunan = Rp. 1.600.000,- , Dengan luas bangunan 230 m2
maka harga bangunan adalah ….
A.
Rp.
150.000.000
B.
Rp.
250.000.000
C.
Rp.
368.000.000
D.
Rp.
450.000.000
E.
Rp.
468.000.000
19. Memiliki Tanah, modal, otorisasi, membayar ongkos, memiliki ijin bangunan, membuat
kontrak kerja adalah syarat dan kewajiban …..
A.
Perencana.
B.
Pemborong.
C.
Pelaksana.
D.
Prinsipal.
E.
Pengawas.
20. Identifikasi
tahapan pelaksanaan pekerjaan dalam menyusun RAB ialah :
A.
Pekerjaan
Tanah, Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Pasangan, Pekerjaan Beton, Pekerjaan
Pintu dan Jendela, Pekerjaan Atap, Pekerjaan Finishing.
B.
Pekerjaan
Persiapan, Pekerjaan Tanah, Pekerjaan Pintu dan Jendela, Pekerjaan Beton,
Pekerjaan Pasangan, Pekerjaan Atap, Pekerjaan Finishing.
C.
Pekerjaan
Tanah, Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Pasangan, Pekerjaan Beton, Pekerjaan
Atap, Pekerjaan Pintu dan Jendela,Pekerjaan Finishing.
D.
Pekerjaan
Persiapan, Pekerjaan Tanah, Pekerjaan Pasangan, Pekerjaan Beton, Pekerjaan
Finishing, Pekerjaan Pintu dan Jendela, Pekerjaan Atap.
E.
Pekerjaan
Persiapan, Pekerjaan Tanah, Pekerjaan Pasangan, Pekerjaan Beton, Pekerjaan
Pintu dan Jendela, Pekerjaan Atap, Pekerjaan Finishing.
II.
Kerjakan dengan teliti soal-soal di bawah
ini !
1.
Kerjakan
soal dibawah ini sesuai dengan nomor absensi masing-masing :
a.
Hitunglah 6° 8’
5” ke dalam ukuran Sentisimal (Untuk nomor absensi
: 1; 9; 17; 25)
b.
Hitunglah 16° 28’ 15” ke
dalam ukuran Sentisimal (Untuk nomor absensi : 2; 10; 18; 26)
c.
Hitunglah 26° 38’ 25” ke
dalam ukuran Sentisimal (Untuk nomor absensi : 3; 11; 19; 27)
d.
Hitunglah 36° 48’ 35” ke
dalam ukuran Sentisimal (Untuk nomor absensi : 4; 12; 20; 28)
e.
Hitunglah 46° 58’ 45” ke
dalam ukuran Sentisimal (Untuk nomor absensi : 5; 13; 21; 29)
f.
Hitunglah 66° 8’ 55”
ke dalam ukuran Sentisimal (Untuk
nomor absensi : 6; 14; 22; 30)
g.
Hitunglah 6° 28’ 15” ke
dalam ukuran Sentisimal (Untuk nomor absensi : 7; 15; 23; 31)
h.
Hitunglah 26° 48’ 55” ke
dalam ukuran Sentisimal (Untuk nomor absensi : 8; 16; 24; 32)
2.
Kerjakan
soal dibawah ini sesuai dengan nomor absensi masing-masing :
a.
Hitunglah 54g
2cg 6ccg ke dalam ukuran Seksagesimal (Untuk absensi :
1; 9; 17; 25)
b.
Hitunglah 64g12cg16ccg ke dalam ukuran Seksagesimal (Untuk absensi :
2; 10; 18; 26)
c.
Hitunglah 74g22cg26ccg ke dalam ukuran Seksagesimal (Untuk absensi :
3; 11; 19; 27)
d.
Hitunglah 84g32cg36ccg ke dalam ukuran Seksagesimal (Untuk absensi :
4; 12; 20; 28)
e.
Hitunglah 94g52cg46ccg ke dalam ukuran Seksagesimal (Untuk absensi :
5; 13; 21; 29)
f.
Hitunglah 104g62cg56ccg ke dalam ukuran Seksagesimal (Untuk absensi :
6; 14; 22; 30)
g.
Hitunglah 114g72cg66ccg ke dalam ukuran Seksagesimal (Untuk absensi :
7; 15; 23; 31)
h.
Hitunglah 124g82cg76ccg ke dalam ukuran Seksagesimal (Untuk absensi :
8; 16; 24; 32)
3.
Hitunglah Volume dari :
a. Galian Tanah
..................................... M3
(perpsegi panjang)
b. Pasir urug
.......................................... M3 (perpsegi
panjang)
c. Pas Batu kosong
............................... M3 (perpsegi
panjang)
d. Pas Pondasi Batu kali
....................... M3 (trapesium)
Bila panjang pondasi
ditentukan berdasarkan nomor absensi seperti tabel dibawah ini dan gambar
detail pondasi berikut :
Nomor Absensi
|
Panjang Pondasi (M)
|
|
Nomor Absensi
|
Panjang Pondasi (M)
|
1; 9; 17; 25
|
20
|
|
5; 13; 21; 29
|
60
|
2; 10; 18; 26
|
30
|
|
6; 14; 22; 30
|
70
|
3; 11; 19; 27
|
40
|
|
7; 15; 23; 31
|
80
|
4; 12; 20; 28
|
50
|
|
8; 16; 24; 32
|
90
|
4.
Hitunglah
Rencana Anggaran Biaya yang dibutuhkan dari soal Nomor 3 dengan cara mengisi Tabel dibawah
ini (Daftar Harga Satuan Pekerjaan terlampir).
Tabel Rencana
Anggaran Biaya (RAB)
Nama Pekerjaan
|
Volume Pekerjaan
|
Harga Analisa Satuan Pekerjaan (RP)
|
Jumlah Harga (Rp)
|
Total Harga (Rp)
|
Galian Tanah
|
|
|
|
|
Pasir urug
|
|
|
|
|
Pas Batu kosong
|
|
|
|
|
Pas Pondasi Batu kali
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Selamat Mengerjakan
Lampiran : I
Tabel Daftar
Harga Satuan Pekerjaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar