Kamis, 10 September 2009

Aplikasi Semen Bagian I

Tips-tips Aplikasi Dari Semen
Membuat dinding yang baik


Kuat tekan penutup dinding (seperti plester dan acian) harus lebih rendah atau paling tidak sama kekuatannya dan lebih elastis dibandingkan dengan material pembentuk dinding (seperti bata, dll) untuk mencegah terjadinya retak.
Kuat tekan penutup dinding (seperti plester dan acian) harus lebih rendah atau paling tidak sama kekuatannya dan lebih elastis dibandingkan dengan material pembentuk dinding (seperti bata, dll) untuk mencegah terjadinya retak.


Problem-problem umum pada aplikasi semen

Segregasi


Segregasi adalah pemisahan agregat kasar dari adukannya akibat campuran yang kurang lecak.
Penyebabnya :1. Slump yang terlalu rendah2. Gradasi agregat yang kurang baik3. BJ agregat kasar >> BJ agregat halus4. Agregat halus terlalu sedikit5. Campuran beton terlalu kering atau terlalu basah6. Tinggi jatuh pengecoran terlalu tinggi7. Penggunaan alat penggetar terlalu lama
Penanggulangannya :1. Hindari perjalanan campuran beton yang terlalu tinggi dan atau terlalu jauh2. Membuat rancangan campuran yang memadai, dengan atau tanpa bahan admixture3. Merubah/mempertinggi slump dan kelecakan beton dengan cara menambah bahan



Bleeding



Bleeding adalah “Mixing Water” yang naik ke permukaan beton sesaat setelah beton selesai dicor dan partikel agregat kasar turun ke bawah.
Penyebabnya :1. Campuran terlalu basah (W/C ratio terlalu tinggi) atau adanya penambahan air pada saat pengecoran2. Rancangan campuran beton yang kurang baik sehingga tidak cukup material halus untuk menahan “laju” air ke permukaan beton.
Penanggulangannya :Manambah kandungan “finer” antara lain dengan :1. Mengkombinasi pasir kasar dengan pasir yang lebih halus atau dengan Abu batu. Tujuan dari penambahan ini agar campuran beton lebih “kohesif”2. Menaikkan jumlah semen (sampai batas tertentu). Dari penambahan ini maka admixture yang dibutuhkan untuk menjaga workabilitas akan bertambah.



Shrinkage Crack

Shrinkage (susut) adalah :1. Perubahan volume beton ke arah yang lebih kecil akibat mengeringnya beton pada waktu mengeras.2. Menyebabkan terjadinya retak pada beton. Retak dapat berbentuk retak rambut atau retak antara 1-2 mm dan biasanya retak ini dikategorikan retak non-struktural.3. Shrinkage biasanya berlangsung hingga 3 hari.
Penyebabnya :1. Faktor air semen (FAC) terlalu tinggi.2. Pemakaian semen terlalu banyak.3. Modulus kehalusan agregat tidak memenuhi syarat.4. Intensitas pengadukan yang kurang baik.5. Kelembaban udara.
Penanggulangannya :Penggunaan curing compound untuk memperkecil resiko shrinkage cracking.Type curing compound yang dapat digunakan :1. Sodium silicate based material.~ Meresap ke dalam beton.~ Mempercepat proses hidrasi semen yang ada di permukaan struktur sehingga retak akibat susut beton dapat dihindari.~ Agar lebih sempurna, penggunaan/penyemprotan harus diulang antara 1-3 hari.2. Wax based material.~ Membentuk lapisan membran di permukaan beton.~ Lapisan membran tersebut akan mengatur kecepatan evaporasi.~ Untuk aplikasi beam, coloum, menggunakan clear curing compound.~ Untuk aplikasi jalan beton semen sebaiknya menggunakan white pigmented



Bug Holes

Bug holes adalah rongga (lubang) kecil yang timbul pada permukaan beton yang sudah mengering.
Penyebabnya :Bug holes terjadi akibat udara yang “terjebak” di dalam beton. Udara di dalam beton timbul akibat proses mekanisme saat pengadukan beton. Rata-rata beton normal memiliki kandungan udara sebesar 2%.
Penanggulangannya :1. Penggunaan mold oil yang tidak bersifat “sticky” seperti water based mold oil dapat membantu mengurangi bug holes.2. Dalam penggunaan water based mold oil harus sesegera mungkin (maks. 6 jam) dilanjutkan dengan pengecoran.3. Memodfikasi mix design agar beton lebih kohesif diantaranya dengan menaikkan kadar pasir sehingga dapat me-minimize bug holes.4. Mengingat posisi flens yang miring dan cenderung menghambat udara untuk keluar sehingga bug holes tidak seluruhnya hilang, dapat diperbaiki dengan finishing untuk memperbaiki tampilan girder.


Efflorescence (pengkristalan)
Penyebab:Akibat garam-garam yang bersifat alkali terbawa kepermukaan plesteran, beton atau batako. Bila kristal-kristal tersebut muncul di bawah lapisan cat dan disertai kelembaban tembok akan menyebabkan lapisan cat rusak.
Pencegahan:1. Pengecatan dilakukan setelah tembok atau plesteran atau beton telah kering sempurna di mana kadar alkali dan kadar air dari permukaan tersebut telah memenuhi syarat yang ditentukan.2. Permukaan yang mengandung kristal dari garam-garaman harus dibersihkan terlebih dahulu dan dibiarkan sampai tidak keluar lagi.
Perbaikan:1. Bila pengkristalan belum merusak lapisan cat, bersihkan dengan kain basah dan keringkan.2. Amplas permukaan cat agar lebih porous (pori-pori terbuka) sehingga air dan garam-garaman mudah keluar. Setelah pengkristalan tidak terjadi lagi lakukan pengecatan ulang.3. Bila pengkristalan telah merusakkan lapisan cat maka harus dilakukan pengerokan sampai dasar, bersihkan permukaan sampai pengkristalan tidak terjadi lagi dan lakukan pengecatan ulang.



Water spot (bercak-bercak seperti basah)
Penyebab:Penggunaan plamir yang belum kering sempurna dan kemudian diberi lapisan cat, maka sisa-sisa air dari plamir tersebut terjebak diantara dua lapisan plamir dan cat sehingga menyebabkan timbulnya bercak seperti basah.
Pencegahan :1. Permukaan yang baru dicuci dengan air atau kena air hujan harus dibiarkan kering sempurna.2. Interval antar lapisan diusahakan cukup lama untuk memberi kesempatan pada lapisan sebelumnya kering sebelum diberi lapisan berikutnya. Setiap lapisan cat diusahakan setipis mungkin agar pengeringan lebih sempurna.3. Hindarkan pengecatan waktu cuaca buruk (hujan, mendung atau lembab) atau pada permukaan yang langsung terkena sinar matahari.
Perbaikan:1. Amplas permukaan lapisan cat agar lebih porous sehingga air dapat dengan mudah keluar.2. Bila jamur telah tumbuh pada bagian-bagian yang basah tersebut, cuci dengan kaporit dan kemudian lap dengan kain basah untuk menghilangkan sisa-sisa kaporit.3. Biarkan mengering sempurna sebelum dilakukan pengecatan ulang, bila dirasa perlu beri lapisan Wall Sealer yang sesuai.



Blistering (menggelembung)
Penyebab:1. Cat bermutu tinggi mempunyai lapisan cat yang rapat dan plastis, sehingga terdapat air atau cairan lain yang tertahan di bawahnya dapat mengakibatkan menggelembungnya lapisan cat tersebut.2. Pengecatan pada permukaan yang basah akan mengakibatkan berkurangnya daya lekat lapisan cat, sehingga kemungkinan terjadinya gelembung-gelembung akan lebih besar. Solvent (pengencer) dapat tertahan dibawah lapisan cat bila pengecatan dilakukan sekaligus tebal dan langsung terkena sinar martahari.3. Lapisan cat paling atas akan mengering lebih cepat, sedangkan lapisan bawah masih mengandung banyak solvent yang akan menguap. Uap solvent (pengencer) tersebut akan terjebak di bawah lapisan yang telah kering dan mendesak lapisan tersebut sehingga terjadi gelembung.
Pencegahan :1. Permukaan yang baru dicuci dengan air atau kena air hujan harus dibiarkan kering sempurna.2. Interval antar lapisan diusahakan cukup lama untuk memberi kesempatan pada lapisan sebelumnya kering sebelum diberi lapisan berikutnya. Setiap lapisan cat diusahakan setipis mungkin agar pengeringan lebih sempurna.3. Hindarkan pengecatan waktu cuaca buruk (hujan, mendung atau lembab) atau pada permukaan yang langsung terkena sinar matahari.
Perbaikan :1. Jika terlalu banyak gelembung yang terbentuk, maka lapisan cat harus dikerok seluruhnya.2. Bersihkan permukaan, kemudian berilah lapisan cat dasar bilamana diperlukan sebelum dilapisi cat akhir.3. Bila gelembung yang terjadi sedikit, maka perbaikan hanya pada bagian yang menggelembung saja.



(Bersambung ke Bagian II)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar